Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus Bahasa Jawa Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017


Silabus Bahasa Jawa Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017

apakah kelas 12 menggunakan silabus kurikulum 2013 yang revisi atau belum?

1. apakah kelas 12 menggunakan silabus kurikulum 2013 yang revisi atau belum?


Menggunakan silabus kurikulum 2013 lama

2. bantu jwb kk bahasa sunda kelas 3 kurikulum 2013 revisi 2017​


Jawaban:

Aya dulur di Pamanukan can kungsi Dianjangan

Cicing----->Dicicingan

imah nu anyar teh can Dicicingan ku nu bogana

keureut----->Dikeureutan

tahu teh keur Dikeureutanku teteh di dapur

Seukeut----->Diseukeutan

patlotbteh keur Diseukeutan ku Dadan

beresih------>Diberesihan

lauk teh keur Diberesihanku bibi

semoga membantu^_^

#JADIKANJAWABAN TERBAIK


3. terjemahan buku paket bahasa inggris bab 11 dan 12 revisi 2017 kurikulum 2013


English book chapter eleven and twelve revision 2017 curriculum two thousand thirteen

4. tolong jawab kak makna tersirat dari buku bahasa indonesia kls VIII kurikulum 2013 revisi 2017


makna tersirat adalah suatu makna yang terkandung atau tersembunyi dari suatu kata/kalimat...


semoga bisa membantu

5. Jawaban buku bahasa indonesia semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017 halaman 66


Jawaban:

foto dulu baru bisa dijawab


6. kegiatan 7.6 halaman 190 kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017


Struktur Teks persuasi " Internet dan HAKI"

a. Pengenalan Isu :
Teman-teman sekalian, jujur saja, kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi. Padahal, itu penting sekali buat kita ketahui supaya tidak terjerumus ke jalan yang salah. Nah, lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan.

Kalau di bidang hukum, HAKI adalah singkatan dari hak atas kekayaan intelektual. Ini ada kaitannya dengan perlindungan dan penggunaan hak cipta. Akan tetapi, HAKI yang akan kami bahas sekarang merupakan singkatan dari hak-hak reproduksi. Wah, bosan ya, bolak-balik mengupas masalah yang satu ini? Sekadar mengingatkan saja, sebagai remaja kita punya sepuluh hak reproduksi yang sepantasnya kita pertahankan.

b. Rangkaian Argumen :
Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja. Supaya kita bisa tahu dan bisa menentukan pilihan atas diri dan kesehatan reproduksi kita. Nah, yang paling penting nih, kita bisa bertanggung jawab atas pilihan tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari.

Sudah menjadi rahasia umum, kalau ada sepasang kekasih yang terjerumus melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Peristiwa itu terjadi karena mereka tidak tahu cara mengontrol diri dan mengabaikan ajaran agama. Mereka juga tidak tahu cara menghindari diri dari perbuatan itu. Akibatnya, mereka menyesal, lalu terpikir untuk aborsi. Seram, kan? Itu hanya salah satu contoh akibat ketidakpedulian kita atas hak kita untuk mendapatkan informasi yang benar tentang diri, seksualitas, permasalahan reproduksi remaja lain, dan tentu saja karena lemahnya iman pada diri mereka.

Bersyukurlah sekali kalau orang tua kita berbaik hati mau berbagi dan terbuka sama kita tentang apa saja yang kita tanyakan sama mereka. Masalahnya, buat orang tua juga ternyata tidak segampang itu membicarakan soal seks, reproduksi remaja, dan berbagai isu lain.

c. Ajak - ajakan :
Nah, untungnya kita sudah akrab dengan teknologi internet. Media ini memungkinkan kita untuk mencari informasi semua kebutuhan kita. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang seksualitas dan reproduksi bagi remaja. Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tapi bisa juga sebagai devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi.

d. Penegasan Kembali
Selamat berakrab-akraban dengan internet. Jadikanlah wahana yang satu ini sebagai penambah wawasan. Internet dapat dijadikan teman setia dalam menjalani hidup ini. Kita tidak tertipu apalagi terjerumus pada hal-hal yang merugikan diri sendiri dan juga dilarang oleh agama.

( Sumber teks : Roellya Ardyaning Tyas dan Chatarina Wahyurini dalam Kompas )

7. soal objektif ips kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017


apa yg dimaksud interaksi sosial yaitu proses timabal balik antar individu, antar kelompok, dan individu antar kelompok

8. Kegiatan 7.5 hal 187 B.indo Kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017


Bacalah teks di bawah ini dengan baik!

Secara berdiskusi, petakanlah struktur teks tersebut dengan jelas dan tepat!

Teks yang dibahas adalah teks Internet dan HAKI.

Pembahasan

Struktur Teks Persuasi:

1. Pengenalan isu

Paragraf: 1 dan 2

Alasan: berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu, yaitu mengenai hak-hak reproduksi.

2. Rangkaian argumen

Paragraf: 3 hingga 5

Alasan: pada paragraf 3 hingga 5 dikemukakan fakta-fakta yang memperkuat argumen-argumen, yaitu

paragraf 3: mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja agar bertanggung jawab atas pilihannya.

paragraf 4: ketidakpedulian atas hak untuk mendapatkan informasi yang benar tentang diri, seksualitas, permasalahan reproduksi remaja lain, dan keimanan.

paragraf 5: orang tua tidak mudah untuk membicarakan soal seks, reproduksi remaja, dan berbagai isu lain.

3. Ajakan-ajakan

Paragraf: 6

Alasan: terdapat ajakan terdapat pembaca untuk melakukan sesuatu, yaitu ajakan untuk berhati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan dikunjungi.

4. Penegasan kembali

Paragraf: 7

Alasan: berisi simpulan, yaitu menjadikan internet sebagai wahana penambah wawasan.

--------------------------

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab : Berbahasa Persuasif (Bab 7)

Kode: 8.1.7

Kata kunci: tabel 7.5 kelas 8, petakan struktur teks internet dan HAKI


9. jawaban halaman 21-25 buku bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017


Jawaban:

Pertanyaan

Apakah pernyataan umumnya sudah jelas mengklasifikasikan Venus?

Jawaban: Ya, sudah jelas

Kosakata teknis apa yang digunakan untuk menjelaskan Venus? Berikan contoh!

Jawaban: planet, mengedari, berotasi, petir

Kata apa yang menggambarkan proses dan aksi?

Jawaban:

Kata yang menggambarkan proses: mengedari

Kata yang menggambarkan aksi: berotasi

Perhatikan cara mengurutkan gambaran tentang Venus! Sudah baik menurutmu?

Jika urutan penggambarannya belum baik, apa saranmu?

Jawaban: Belum baik. Sebaiknya, warna langit Venus disajikan setelah warna planet tersebut, baru disusul dengan lokasi dan periode rotasi serta revolusi planet Venus berikut kondisi geografisnya.

Semoga membantu, maaf jika ada kesalahan:)


10. Jawaban bahasa jawa halamanjawaban bahasa jawa halaman 7 kurikulum 2013 buku paket semester 1 jawaban buku paket halaman 7 sampai dengan halaman 10 buku paket kurikulum 2013 revisi 2017 semester 1 kelas 8 brainly​


Jawaban:

1 Berapa AP data berikut :

10,345

0,014

9,0200

902000

62,000

2. Hasil pengukuran dari tinggi untuk siswa di kelas V adalah sebagai berikut: 154 cm, 159 cm, 163 cm, 165 cm dan 160 cm. Ketinggian rata-rata lima siswa adalah … (berdasarkan angka-angka penting)

3. Tentukan hasil operasi bilangan berikut dan tuliskan dalam bentuk notasi ilmiah

4. 2,500000 x 0,000004 =

5. 2500000 : 0,05 =

6. 3,0000 x 25000 =

7. 4. Sebuah persegi panjang dengan lebar 25 cm dan panjang 35,5 m. Tentukan luas dan keliling persegi sesuai aturan angka penting


11. #askTugas 1 Bahasa Indonesia hal 121 kelas 11 kurikulum 2013 revisi 2017makasih sebelumnya


Jawaban:

1a) Unsur yang dominan dalam cuplikancerita tersebut adalah penokohan.Karena, menunjukkan sifat para tokohseperti, penurun, pendiam.

b)unsur yang dominan dalam cuplikancerita tersebut adalah latar, karenamenunjukkan tempat dan suasana yaitudikamar dan gelap.


12. Kegiatan 7.6 hal 190 B.indo Kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017


Teks persuasi adalah teks yang berisi bujukan atau ajakan yang mendorong seseorang untuk mengikuti harapan atau keinginan-keinginan penulis. Untuk menulis teks persuasi, yang harus diperhatikan adalah pengenalan isi, rangkaian argumen yang berisi pendapat atau fakta, dan pernyataan ajakan.

Pembahasan

a.  Bujukan, ajakan

Hasil pengamatan :

- Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya.

- Begitu juga bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran: masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Mahakuasa.

- Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa, sudah sewajarnya jika pada masa-masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam sumpah pemuda.

- Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.

- Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebajikan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing.

- Demikianlah, semoga semangat persatuan yang tecermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan moda perjuangan membela bangsa dan negara.

b. Pendapat

Hasil pengamatan:

Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan, termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah.

c. Fakta

Hasil pengamatan :

- Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda".

-  Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama.

-  Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

d. Kata teknis

Hasil pengamatan:

- Ikrar

- senjata

- modal

- predikat

e. Konjungsi kausalitas

Hasil pengamatan:

-  Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa. (konjungsi kausalitas : karena itulah)

f. Kata kerja mental

Hasil pengamatan:

- Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda". (kata kerja mental : mewujudkan, melahirkan)

- Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. (kata kerja mental : menyambut, mengambil)

- Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. (Kata kerja mental : menghadapi, menghadapinya)

- Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.(kata kerja mental : mengucapkan, mengusir, memorak-porandakan)

g. Kata Perunjukan

Hasil pengamatan:

Tidak ada kata perunjukan pada teks tersebut, seperti :seperti berdasarkan data..., merujuk pada pendapat.....

Simpulan:

Teks pidato "Perlunya Memperingati Hari Sumpah Pemuda termasuk dalam teks persuasi karena mengandung penyataan-pernyataan yang mengandung ajakan, dorongan, atau bujukan. Kaidah kebahasaan yang digunakan pun menunjukkan bahwa teks tersebut adalah teks persuasi. Tetapi teks di atas kurang mencantumkan kata-kata perunjukan yang digunakan untuk lebih meyakinkan dan memperkuat bujukan yang digunakan penulis sebelum ataupun sesudahnya.

Pelajari lebih lanjut

Contoh teks persuasif tentang COVID-19 pada https://brainly.co.id/tugas/27713958

Kegiatan 7.8 bahasa Indonesia kelas 8 pada https://brainly.co.id/tugas/14756748

Hal yang membedakan teks persuasi dengan teks lainnya pada https://brainly.co.id/tugas/13804171

--------------------------

Detail Jawaban

Kelas: VIII

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Berbahasa Persuasif (bab 7)

Kode: 8.1.7

#AyoBelajar


13. tolong potokan buku bahasa inggris kls 7 kurikulum 2013 edisi revisi 2017


Bukunya seperti ini ya...Apakah bukunya seperti ini?

14. tolong jawab kak makna tersirat dari buku bahasa indonesia kls VIII kurikulum 2013 revisi 2017


Tersirat adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapimaknanya berbeda. Arti daritersirat dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga penggunaantersirat dapat bukan dalam arti yang sebenarnya.

15. Jawabkan soal bahasa indonesia halaman 51-52 kelas VIII kurikulum 2013 revisi 2017


Jawaban:

Jawaban soal bahasa Indonesia halaman 51-52 kelas VIII adalah menilai kualitas kebahasaan dari kedua buah iklan/ poster berikut.

Iklan 1

Judul iklan: Buku yang Bermanfaat

Isi iklan: Buku yang bermanfaat merupakan teman yang sejati

a. Kepersuasifan = 0

Alasan: Tidak ada unsur ajakan pada poster tersebut.

b. Keimperatifan = 0

Alasan: Tidak ada kalimat perintah pada poster tersebut, seperti marilah, ayo

c. Keberiramaan = 0

Alasan: Tidak ada irama pada poster tersebut.

d. Keberkesan = 1

Alasan: Kesan yang dari poster ini biasa saja karena gambar yang ditampilkan kurang menarik. Hanya tulisannya yang besar saja yang menjadi daya tarik poster tersebut.

e. Keringkasan = 4

Alasan: kata-kata yang ditampilkan cukup sederhana dan ringkas.

Jumlah = 5

Penjelasan:

Iklan II

Judul: Belajar tanpa Sekolah

Isi iklan: Bagaimana memanfaatkan seluruh dunia sebagai ruang kelas anak Anda

a. Kepersuasifan = 4

Alasan: Poster ini menarik pembaca karena pilihan kata-katanya yang cukup menimbulkan tanda tanya

b. Keimperatifan = 0

Alasan: Tidak ada kalimat perintah pada poster tersebut

c. Keberiramaan = 4

Alasan: Irama pada pada poster itu adalah a (sekolah) - a (dunia) - a (Anda)

d. Keberkesan = 4

Alasan: Kesan yang dari poster ini sangat menarik karena gambar dan pilihan kata-katanya

e. Keringkasan = 4

Alasan: Pilihan katanya ringkas dan mudah dipahami

Pelajari lebih lanjut materi fungsi slogan pada https://brainly.co.id/tugas/11655213

#BelajarBersamaBrainly


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Silabus Bahasa Jawa Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017"