Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rpp K13 Sma Matematika


Rpp K13 Sma Matematika

contoh rpp matematika k13 kelas xii ips materi anuitas

1. contoh rpp matematika k13 kelas xii ips materi anuitas


Indikator :    ·         
Bunga tunggal dihitung dan digunakan dalam sistem pinjaman dan permodalan·         
Bunga majemuk dihitung dan digunakan dalam sistem pinjaman dan permodalan·         
Nilai akhir rente dihitung sesuai dengan jenisnya·         
Nilai tunai rente dihitung sesuai dengan jenisnya·         
Anuitas digunakan dalam sistim pinjaman·         
Anuitas dihitung dalam sistim pinjaman·         
Penyusutan digunakan dalam masalah nilai suatu barang·         
Penyusutan dihitung dalam masalah nilai suatu barang

A.  Tujuan Pembelajaran         
Setelah selesai pelaksanaan belajar belajar siswa diharapkan mampu :Menyelesaikan masalah bunga tunggal dan bunga majemuk dalam keuanganMenyelesaikan masalah rente  dalam keuanganMenyelesaikan masalah anuitas dalam sistem pinjaman.Menyelesaikan masalah penyusutan  nilai barang
B.  Materi Ajar        ·         
Bunga tunggal·         
Bunga majemuk·         
Rente·         
Anuitas

C.  Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.

D.   Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama                 
Pendahuluan         
Apersepsi   :        
-  Mengingat kembali mengenai masalah keuangan menggunakan konsep Matematika.                              
-  Membahas PR.      
Motivasi   :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keuangan menggunakan konsep Matematika.

Kegiatan Inti
§ Menjelaskan pengertian bunga
§ Menjelaskan persen di atas seratus dan persen dibawah seratus
§ Menjelaskan pengertian bunga tunggal
§ Menghitung bunga tunggal selama n bulan
§ Menghitung bunga tunggal selama n hari
§ Membedakan bunga dengan diskonto
§ Menghitung bunga tunggal dengan metode:
-    angka bunga dan pembagi tetap
-    persen sebanding
-    persen seukuran

2. Perbedaan antar RPP KTSP dan RPP k13 1 lembar


Jawaban:

~ Perbedaan RPP KTSP dan RPP l13 sebagai berikut:

▪︎ RPP k13 menggunakan kompetensi inti, sedangkan RPP KTSP menggunakan standart isi.

▪︎ RPP k13 lebih detail dari sikap spritual, pengetahuan, dan keterampilan, sedangkan RPP KTSP Lebih menekankan pada aspek pengetahuan.

▪︎ RPP k13 menjelaskan Sumber belajar, sedangkan RPP KTSP tidak terdapat penjabaran sumber belajar.

▪︎ RPP k13 terdiri dari 5 proses yakni; mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, sedangkan RPP KTSP terdiri dari standart proses pembelajaran terdiri dari eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

▪︎ RPP k13 adalah penilaian lebih detail dengan 3 penilain yakni: sikap spritual, pengetahuan, dan keterampilan, sedangkan RPP KTSP penilaian dilakukan hanya pada aspek pengetahuan.

semoga membantu!


3. materi materi matematika kelads X SMA k13


1. eksponen ( bilangan berpangkat)
2. logaritma
3. persamaan dan pertidaksamaan linear
4. matriks
5. relasi & fungsi
6. barisan deret
7. fungsi kuadrat
8. trigonometri
9. peluangMatematika Wajib
Semester 1
- Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma
- Persamaan dan peridaksamaan linear dalam tanda mutlak
- Persamaan dan pertidaksamaan linear (2 variabel dan 3 variabel)
- Matriks
- Relasi dan Fungsi
- Barisan dan Deret
Semester 2
- Persamaan dan Fungsi Kuadrat
- Trigonometri
- Geometri Ruang
- Limit Fungsi Aljabar
- Statistika
- Peluang
- Logika Matematika

Matematika Peminatan (Untuk peminatan matematika dan ilmu-ilmu alam)
- Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Eksponensial
- Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Logaritma
- Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat
- Pertidaksamaan Nonlinear
- Geometri Bidang
- Fungsi, Persamaan, dan Identitas grometri

4. bagaimana hubungan antar komponen pada rpp matematika


Hubungan antar komponen dalam RPP ialah saling terkait dalam tujuan pencapaian kompetensi peserta didik. Hal ini termasuk dalam prinsip pengembangan RPP. Adapun beberapa komponen dalam RPP tersebut ialah: identitas, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, alat bahan dan sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, harus memenuhi prinsip sistematis antara komponen-komponen tersebut, yang artinya dalam setiap komponen harus saling berhubungan, setiap komponen dapat berpengaruh pada komponen lain.

5. rpp b indonesia lkls 8 k13 berita


berita adalah salah satu peristiwa yang terjadi

6. Perbedaan komponen rpp ktsp dengan k13


Perbedaan antara RPP ktsp dan RPP k13 antara lain sebagai berikut :

Rpp K13 menggunakan kompetensi inti, sedangkan RPP Ktsp menggunakan standart isi.Rpp k13 lebih detail dari sikap spiritual, pengetahuan, dan keterampilan, sedangkan RPP Ktsp Lebih menekankan pada aspek pengetahuan.Rpp k13 menjelaskan sumber belajar, sedangkan Rpp ktsp tidak terdapat penjabaran sumber belajar.Pada  Rpp k13 terdiri dari 5 proses yakni; mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan, sedangkan pada Rpp ktsp terdiri dari Standart proses pembelajaran terdiri dari eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.Rpp k13 yang mempunyai jam mata pelajaran yang lebih banyak daripada jam mata pelajaran Ktsp.Rpp k13 penilaian lebih detail dengan 3 penilaian yakni; sikap spiritual, pengetahuan, dan keterampilan, sedangkan Rpp ktsp penilaian dilakukan hanya pada aspek pengetahuan.

Pembahasan :

Kurikulum di Indonesia mengalami beberapa kali perubahan. Sejak Indonesia merdeka ada 11 kali perubahan kurikulum.
Kurikulum pertama yaitu Kurikulum 1947  yaitu yang disebut dengan kurikulum Rentjana Pelajaran Kurikulum kedua yaitu kurikulum 1952  yaitu yang disebut dengan kurikulum Pelajaran teruraiKurikulum ketiga yaitu kurikulum 1964  yaitu yang disebut dengan kurikulum Rencana Pendidikan Kurikulum keempat yaitu kurikulum 1968 Kurikulum kelima yaitu kurikulum 1975  Kurikulum keenam yaitu kurikulum 1984  yaitu yang disebut dengan kurikulum CBSAKurikulum ketujuh yaitu kurikulum 1994 yaitu yang disebut dengan kurikulum suplemen kurikulum 1999Kurikulum kedelapan yaitu kurikulum 2006 yaitu yang disebut dengan kurikulum berbasis kompetensi (KBK)Kurikulum kesembilan yaitu kurikulum 1952  yaitu yang disebut dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP)Kurikulum kesepuluh yaitu kurikulum 2013  yaitu yang disebut dengan kurikulum tiga belas. (k13)Kurikulum sebelas  yaitu kurikulum 2022  yaitu yang disebut dengan kurikulum merdeka belajar.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang perbedaan k13 dan revisi : https://brainly.co.id/tugas/11210995Materi tentang singkatan KTSP : https://brainly.co.id/tugas/12351009Materi tentang dampak perubahan kurikulum : https://brainly.co.id/tugas/2185821

Detail jawaban

Kelas: SMA-XII

Mapel: SNMPTN

Bab: -

Kode: -

#AyoBelajar

#SPJ2


7. contoh rpp ipa k13 Sd kelas 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran                        : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kelas/Semester                        : III (tiga) / 1 (satu)

Alokasi Waktu                        : 2 X 35 menit


A.    Standar Kompetensi

     1.      Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.

B.     Kompetensi Dasar

1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

C.    Indikator

      1.      Menyebutkan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

      2.      Menjelaskan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

      3.      Menunjukkan gambar yang termasuk ke dalam ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

D.    Tujuan Pembelajaran

     1.      Melalui bermain peran, siswa dapatmenyebutkan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

      2.      Melalui tanya jawab, siswa dapatmenjelaskan 6 ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

     3.      Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menunjukkan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

E.     Karakter yang Dikembangkan

      1.      Disiplin

      2.      Kerjasama

      3.      Tanggung jawab

      4.      Keberanian

      5.      Jujur

F.     Materi Pelajaran

      1.      Bagian dari ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

      2.      Pengertian masing-masing dari ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

      3.      Gambar yang termasuk ke dalam ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

G.    Metode Pembelajaran

      1.      Inkuiri

      2.      Tanya jawab

      3.      Ceramah

      4.      Pemberian tugas

H.    Kegiatan Pembelajaran

1.                Kegiatan Awal (15% x 70 menit)

a.    Guru mengucapkan salam (Melatih disiplin)

b.    Mengkondisikan siswa siap belajar ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dengan menyiapkan alat tulis (Melatih disiplin dan tanggung jawab)

c.    Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa (Melatih disiplin)

d.   Guru mengecek kehadiran siswa(Melatih disiplin)

e.    Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melaksanakan pembelajaran inti dengan melakukan tanya jawab mengenai jenis-jenis makhluk hidup. Contoh “Di dunia ini banyak sekali makhluk hidup. Coba kalian sebutkan! Ya, betul. Makhluk hidup meliputi tumbuhan, hewan, dan manusia. Apakah kalian bernapas, makan, dan selalu bergerak? Bagaimana kalau kalian sehari berhenti bernapas dan makan? Apa yang terjadi? Selain bernapas dan makan, makhluk hidup juga tumbuh dan berkembang. Apakah kalian punya adik? Bagaimana adik bayi kalian? Coba kalian perhatikan. Apakah setiap hari adik kalian tumbuh besar? (Melatih motivasi dan menghargai pendapat orang lain)

f.     Guru memotivasi belajar siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup (Melatih motivasi)

g.    Melakukan penilaian atau evaluasi awal belajar untuk mengetahui 


8. ada yang punya rpp dan silabus bahasainggris smk kelas 11 k13?


gak punyya.... tulis saja soalnya insyaa Allah aku bisa bantu

9. rpp bahasa inggris kelas 8 ktsp dan k13


RPP bahasa Inggris KTSP kelas 8, bisa di download disini:
http://forumgurunusantara.blogspot.my/2015/05/download-rpp-bahasa-inggris-kelas-8.html

Yang K13 bisa didownload disini:
http://www.downloadrpp.com/2015/12/download-rpp-kurikulum-nasional-bahasa_47.html

10. perbedaan ktsp dan k13 tingkat SMA??.


Ktsp ,2003

K13, 2013

Maaf kalau salah

2013.

Selain itu, kompetensi siswa SMA berbeda dengan siswa SMK pada KTSP. Sedangkan pada Kurikulum 2013, kompetensi antara siswa SMA dan SMK pun serupa dalam dasar pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Mata pelajaran

Pada KTSP, setiap mata pelajaran dirancang berdiri sendiri dengan kompetensi dasar sendiri pula. Pendekatan mata pelajaran berbeda antara satu dengan yang lainnya. Total ada sebelas mata pelajaran yang harus dikuasai siswa.

Pada Kurikulum 2013, semua mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan yang sama (saintifik). Siswa diajak mengamati, menalar, bertanya dan mencoba. Setiap mata pelajaran saling terkait dan saling mendukung semua kompetensi pembelajaran seperti sikap, keterampilan dan pengetahuan. Total, ada enam hingga tujuh mata pelajaran yang harus dikuasai siswa.

Meski demikian, pada dasarnya pendekatan saintifik juga sudah dipakai dalam KTSP. Hanya saja, istilah yang digunakan adalah pendekatan inquiry.

Selain itu, mata pelajaran bahasa Indonesia dalam KTSP sejajar dengan mata pelajaran lain dan diperlakukan sebagai pengetahuan. Sedangkan dalam Kurikulum 2013, Bahasa Indonesia menjadi alat komunikasi dan pembawa pengetahuan. Begitu juga dengan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).


11. Materi apa yang dipelajari tentang matematika sma kelas 10 k13?


trigonomeri, logaritma, sincostan, persamaan kuadrat, pertidaksamaan harga mutlak, fungsi kuadrat, pembagian pangkat tertinggi, logika matematika.- sifat bilangan berpangkat
- bentuk akar
- penjumlahan dan pengurangan bentuk akar
- pangkat pecahan
- sifat bentuk akar
- perkalian dan pembagian bentuk akar
- menarik akar didalam akar
- merasionalkan bentuk akar
- logaritma
- sifat sifat logaritma
- SPLDV
- SPLTV
- SPtLDV
- nilai mutlak
- persamaan nilai mutlak
- pertidaksamaan linear
- pertidaksamaan nilai mutak
- matriks
- kesamaan matriks
- tipe matriks
- relasi
- fungsi
- domain, range dan nilai fungsi
- barisan dan deret
- sisipan bar aritmatika
- deret aritmatika
- barisan dan deret geometri
- persamaan dan fungsi kuadrat
- trigonometri
- geometri ruang
- limit fungsi aljabar
- statistika
- peluang
- logika matematika

12. rpp bahasa indonesia dengan meteri membaca permulaan dan lanjutan k13 kelas 4 sd


siswa dapat membaca teks tertulis gara dengan teks.siswa dapat mengidentifikasi isi dari bacaan yg ia baca.siswa dapat menyimpulkan isi dati bacaan yg ia baca

13. jelaskan perbedaan rpp k13 dengan ktsp?


K13 lebih mengutamakan pendidikan karakter sedangkan ktsp tidak

14. Matematika Kelas X SMA K13 revisi Fungsi Komposisi No. 86


Semoga membantu dan bermanfaat.Jawaban : D.

Cara kerja pada lampiran

Semoga Membantu^^

15. contoh rpp seni budaya kelas 8 semester ganjil k13​


Jawaban:

dengan seni budaya

Penjelasan:

mana soall nya


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Rpp K13 Sma Matematika"